Saturday, June 03, 2017

Yuk! Kenalan Dengan Teleskop NASA Terbaru JWST


GiiSpace - Setelah liat gambar di atas pasti kalian berfikir teleskop JWST yang memiliki kepanjangan James Webb Space Telescope ini sangatlah besar di bandingan dengan ukuran manusia.
Sedikit cerita,NASA mengganti hubble karena teleskop hubble sudah tidak berfungsi lagi ,alias sudah pensiun pada tahun 2011 ini tinggal menunggu kerusakannya saja dan akan di kembalikan kebumi.
Baca selengkapnya : Alasan Teleskop Hubble di Ganti

Berikut Beberapa Fakta Tentang Teleskop JSWT.

1.Teleskop Yang Miliki Ukuran Seperti Lapangan Tenis

Inilah salah satu keunggulan teleskop pengganti hubble ini ,yang memiliki sunshield (pelindung matahari) kurang lebih 22 meter dan meiliki cermin dengan ukuran 6,5 meter dan memecahkan rekor sebagai telekop terbesar yang akan di luncurkan.

2.Cermin yang Berlapis Emas

Cermin pada telekop JWST juga di lapisi emas setebal 0.00001 cm yang di poles pada permukaan cermin seluas 25 meter.Total emas yang di gunakan pada pembuatan ini adalah 48,25 gram.

3.Akan di Letakan 4 Kali Lebih Jauh Dari Bulan

Tujan telekop ini adalah melihat seluruh isi galaksi bima sakti ini ,dan yang utama agar telesksop ini tidak mempunyai hambatan untuk melihat sesuatu.Ohiya teleskop ini akan memakan jarak sekitar 1,5 juta kilometer dari bumi dan akan memakan waktu satu bulan untuk sampai ke tempat tujuan.
Di bandingkan dengan Hubble hanya 570km dari bumi.

4.Cermin JWST Lebih Kuat Dari Teleskop Hubble

Cermin raksasa ini katanya lebih kuat 7 kali dari hubble ,coba anda bayangkan hubble yang dari tahun 90 an sudah mengorbit bumi hingga sekarang masih belum rusak walau sudah di pensiunkan ,apalagi teleskop JWST ini ,keren ya.

5.Dapat Melihat Uang Koin Sejauh 24 Mil (40 KM)

Ini menurut saya paling luar biasa ,dengan memiliki resolusi sanget tajam serta akurat .Teleskop ini dapat melihat pada resolusi 0,1 busur panah / detik ,bayangakn itu uang koin yang kecil ,apalagi nanti di luar angkasa sana ,pastinya banyak hal hal baru di luar angkasa yang menarik untuk di pelajari pastinya.


Sekian semoga bermanfaat.

Terispirasi dari : NASA,Kaskus,Wikipedia


EmoticonEmoticon